Saturday, April 18, 2015

Kunci Jawaban Ujian Nasional Teori Produktif TKJ 2015

Ujian Nasional tingkat SLTA telah berlalu sekarang tinggal menunggu hasil saja, bagi Guru-guru TKJ yang masih penasaran dengan Soal Ujian Nasional, mungkin disini bisa berbagi Ilmu sekiranya disini kurang lengkap. Dibawah ini ada Kunci Jawaban UN Teori Produktif TKJ 2015 yang menurut saya sudah benar, tetapi menurut Bapak/ibu Guru TKJ jika kurang benar tolong berikan saya masukan supaya soal-soal Ujian nasional teori produktif TKJ 2015 ini bisa dipakai untuk bahan pembelajaran tahun berikutnya.

KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL PRODUKTIF TKJ 2015 PAKET A

  1. C          21. A
  2. B          22. B
  3. D          23. E
  4. D          24. C
  5. B          25. C
  6. B          26. D
  7. E          27. B
  8. B         28. E
  9.             29. E
  10. D         30. A
  11. A         31. B
  12. D         32. E
  13. E         33. A
  14. D         34.
  15. B         35. B
  16. A         36. D
  17. B         37. E
  18. D         38. C
  19. C         39. D
  20. E         40. A


Saturday, January 17, 2015

LANJUTKAN KURIKULUM 2013

Selamat pagi, sore, siang atau malam bagi Bapak/Ibu guru di seluruh Indonesia, bagaimana kabarnya.. mudah-mudahan baik semua, amin...
Tahun lalu Menteri Pendidikan Pak Anies baswedan  baru saja mengeluarkan keputusan yang sangat mengejutkan bagi semua dunia pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK bahwa kurikulum 2013 akan di pending dulu dan kemabali kepada kurikulum lama yaitu Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan, bagi yang sudah ditunjuk dari pusat tetap menjalankan kurikulum 2013, bagi yang baru memulai harus dipending dan kembali ke kufrikulum lama.
Contohnya, disekolah saya di SMK YAPIS FAKFAK dari awal di tunjuk dan dijadikan sekolah Rujukan tentang kurikulum 2013 maka sekarang sekalah saya masih lanjut memakai kurikulum 2013. Untuk SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 kembali ke kurikulum yang lama yaitu KTSP, begitu  juga untuk SMK-SMK yang lain.
kebijakan seperti itu sepertinya sudah menjadi adat atau kebiasaan bahwa setiap ada pergantian menteri pendidikan maka akan ada perubahan di dunia pendidikan terutama tentang kurikulum, tetapi sebenarnya untuk Kurikulum 2013 ini tidak di hapus hanya di pending untuk jangka waktu tertentu, karena sementara menteri pendidikan Pak Anies ini mau menguji dulu seberapa keberhasilan kurikulum ini, baru nanti tahun 2019 semua harus melaksanakan Kurikulum 2013.
sebenarnya kurikulum 2013 ini dalam pelaksanaannya menurut saya terlalu memberatkan siswa apalagi kalo buku pedoman tidak ada sama sekali guru tambah di repotkan.
 Pokok permasalahan yang terbesar pada kurikulum 2013 ini adalah masalah mental dari kurikulum itu sendiri, dimana sebenarnya kurikulum ini harus disiapkan sebelumnya baik Guru-gurunya maupun Buku-buku yang akan di gunakan.
tapi santai saja jalani apasaja yang sudah menjadi kebijakan atasan, semua akan memiliki makna sendiri...

Monday, October 13, 2014

Apa kabar semua, bapak/ibu guru di seluruh indonesia, sekarang pasti tambah pusing yaaaaaaa, bagaimana tidak pusing, kurikulum 2013 baru satu tahun di jalankan sudah mengalami banyak revisi, terutama pada format RPP yang banyak berubah....yang berubah apanya.....sebelum perubahan atau revisi pada TUJUAN PEMBELAJARAN di cantumkan di RPP, setelah perubahan tidak dicantumkan tetapi di aplikasikan di kegiatan pembelajaran sebelum kegiatan inti.
Tapi jangan terlalu  galau, di bawah ini saya berikan contoh perubahan format RPP kurikulum 2013yang terbaru................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMK YAPIS FAKFAK
Mata pelajaran                       : SISTEM OPERASI
Kelas/Semester                      : X / 1
Materi Pembelajaran             : Perkembangan sistem operasi windows
Alokasi Waktu                        : 3 jam pelajaran (1x pertemuan)

A.        Kompetensi Inti (KI)
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar
1.1  Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam
2.1. Menunjukkan  perilaku  ilmiah  (memiliki  rasa  ingin  tahu;  objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif  dan  peduli  lingkungan)  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok  dalam  aktivitas  sehari-hari sebagai    wujud    implementasi    melaksanakan    percobaan    dan melaporkan hasil  percobaan kehidupan sehari-hari.
3.1. Memahami perkembangan sistem operasi  closed source
4.1. Menyajikan data perkembangan sistem operasi  closed source

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     Menjelaskan definisi perkembangan sistem operasi closed source
2.     Menyebutkan jenis – jenis system operasi closed source

D.        Deskripsi Materi Pembelajaran (dapat berupa rincian, uraian, atau penjelasan materi pembelajaran)

1)   Definisi Sistem Operasi
Sistem  operasi  (operating  system  atau  OS)  adalah  perangkat  lunak  yang bertugas  untuk  mengatur,  mengendalikan  perangkat  keras  dan  memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan komputer.  Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software aplikasi. Layanan tersebut seperti akses  ke disk, manajemen  memori, tugas penjadwalan, dan  antar-muka user.
Bagian kode yang melakukan tugas-tugas ini  dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
Selanjutnya dilihat pada buku SISTEM OPERASI X JILID 1 halaman 8 s/d 19 ……

E.         Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a.     Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk kegiatan pembelajaran
2.     Guru memberi salam dan menanyakan kehadiran siswa
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

b.     Kegiatan Inti
Mengamati
Guru menayangkan perkembangan sistem operasi berbasis closed source
Menanya
siswa mengajukan pertanyaan terkait tayangan perkembangan sistem operasi berbasis closed source
Mengeksplorasi
Guru mengeksplorasi sistem operasi closed source
Mengasosiasi
siswa membuat kesimpulan perbandingan tentang sistem operasi closed source
Mengkomunikasikan
Guru menyampaikan hasil perbandingan sistem operasi berbasis closed source
c.      Kegiatan Penutup
1.    Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
2.    Guru mengevaluasi tentang materi yang selesai diajarkan

F.         Penilaian
1.     Teknik dan bentuk instrumen
Teknik
Bentuk  Instrumen
Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik


Tes tertulis
Soal uraian

2. Instrumen penilain sikap
a.     Lembar Pengamatan Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
1
2
3
4
Keterangan
1.
2.
3.

Saat proses pembelajaran
Saat melakukan pengamatan
Keberanian mengungkapkan ide







b.     Rubrik Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
1
2
3
4
Jumlah Skor
1.
2.
3.
dst.







c.      Tes tertulis
a.    Sebutkan   dan   jelaskan   ciri-ciri   atau   karakteristik   masing-masing
periode perkembangan sistem operasi
b.    Sebutkan masing-masing 10 jenis sistem operasi yang termasuk dalam
keluarga Microsoft windows, keluarga unix dan keluarga Mac OS

No.
Nama Siswa
1
2
Jumlah Skor
1.
2.
3.
dst.





Aspek yang dinilai:
1.    Kemampuan berargumentasi secara santun.
2.    Ketepatan menjawab pertanyaan uraian.

Penilaian sikap :
Kriteria                                           Jumlah Skor
A.    Sangat Baik             :           81                  100
B.    Baik                            :           61                  80
C.    Cukup Baik              :           41                  60
D.    Kurang Baik              :           21                  40
E.    Tidak Baik                 :           1                    20

     Jumlah Nilai
Nilai Akhir =   ––––––––––
    4



G.        Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.   infokus
2.   laptop.
3.   Buku siswa SISTEM OPERASI  KELAS X



FAKFAK, 16 September 2014
Mengetahui,                                                               Guru mata diklat
Kepala sekolah



SUMARWAN, S.Pd.                                                TEGUH HARIADI, S.Pd.
            NIP. 19680814199501 001                                     NIP. 197609222OO9O91001

About