Saturday, January 17, 2015

LANJUTKAN KURIKULUM 2013

Selamat pagi, sore, siang atau malam bagi Bapak/Ibu guru di seluruh Indonesia, bagaimana kabarnya.. mudah-mudahan baik semua, amin...
Tahun lalu Menteri Pendidikan Pak Anies baswedan  baru saja mengeluarkan keputusan yang sangat mengejutkan bagi semua dunia pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK bahwa kurikulum 2013 akan di pending dulu dan kemabali kepada kurikulum lama yaitu Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan, bagi yang sudah ditunjuk dari pusat tetap menjalankan kurikulum 2013, bagi yang baru memulai harus dipending dan kembali ke kufrikulum lama.
Contohnya, disekolah saya di SMK YAPIS FAKFAK dari awal di tunjuk dan dijadikan sekolah Rujukan tentang kurikulum 2013 maka sekarang sekalah saya masih lanjut memakai kurikulum 2013. Untuk SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 kembali ke kurikulum yang lama yaitu KTSP, begitu  juga untuk SMK-SMK yang lain.
kebijakan seperti itu sepertinya sudah menjadi adat atau kebiasaan bahwa setiap ada pergantian menteri pendidikan maka akan ada perubahan di dunia pendidikan terutama tentang kurikulum, tetapi sebenarnya untuk Kurikulum 2013 ini tidak di hapus hanya di pending untuk jangka waktu tertentu, karena sementara menteri pendidikan Pak Anies ini mau menguji dulu seberapa keberhasilan kurikulum ini, baru nanti tahun 2019 semua harus melaksanakan Kurikulum 2013.
sebenarnya kurikulum 2013 ini dalam pelaksanaannya menurut saya terlalu memberatkan siswa apalagi kalo buku pedoman tidak ada sama sekali guru tambah di repotkan.
 Pokok permasalahan yang terbesar pada kurikulum 2013 ini adalah masalah mental dari kurikulum itu sendiri, dimana sebenarnya kurikulum ini harus disiapkan sebelumnya baik Guru-gurunya maupun Buku-buku yang akan di gunakan.
tapi santai saja jalani apasaja yang sudah menjadi kebijakan atasan, semua akan memiliki makna sendiri...

No comments:

Post a Comment

About