Selamat pagi para Guru indonesia semoga hari ini tampak ceria pada saat beraktivitas, kali ini perangkat guru indonesia akan membagi contoh RPP SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan. RPP tersebut sudah di uji lewat Supervisi baik dari Kepala Sekolah maupun Pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Fakfak.
oke langsung saja silahkan lihat...
oke langsung saja silahkan lihat...
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK YAPIS FAKFAK
Kelas/
Semester : X / 1
Mata Pelajaran
: Produktif TKJ
Tema :
Pemrograman Web
Pertemuan
ke- :
1 sampai dengan 2
Alokasi Waktu : 6 Jam pelajaran ( 6 x 45
menit)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar:
3.1. Memahami konsep teknologi aplikasi web
4.1. Menyajikan pelbagai teknologi pengembangan
aplikasi web
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Memahami Profesi dalam pengembangan aplikasi
web
2.
Memahami Sejarah dan cara kerja web
3.
Memahami Alur pengembangan aplikasi web
4. Menyajikan
Perangkat pengembangan aplikasi web
D.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses
pembelajaran peserta didik dapat memahami sejarah dan dasar-dasar web serta
penegembangan aplikasinya.
E.
Materi Ajar
1.
Profesi
dalam pengembangan aplikasi web
2.
Sejarah
dan cara kerja web
3.
Alur
pengembangan aplikasi web
4.
Perangkat
pengembangan aplikasi web
F.
Metode Pembelajaran :
·
Metode
Pembelajaran Saintifik
·
Metode
Pembelajaran Simulasi/praktek
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1 sampai dengan 2
1. Pendahuluan
·
Guru
memberi salam dan menanyakan kehadiran siswa
2. Inti
Mengamati
·
Cara
kerja web
·
Penawaran layanan hosting
Menanya
·
Mendiskusikan cara kerja web
·
Mendiskusikan
hosting
aplikasi web
Mengeksplorasi
·
Membandingkan pelbagai penawaran hosting
·
Mengeksplorasi aplikasi-aplikasi untuk
pengembangan aplikasi web
Mengasosiasi
Menyimpulkan
tentang cara kerja web, hosting dan penggunaan aplikasi pengembangan aplikasi
web
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil tentang cara kerja web, perbandingan pelbagai layanan hosting dan
penggunaan aplikasi pengembangan web
3. Penutup
·
Guru
mengevaluasi tentang materi yang selesai diajarkan
H.
Alat dan Sumber Belajar:
1. Alat berupa PC (personal computer) dan
infocus)
2. Sumber Belajar:
Pembelajaran
TIK dengan berbasis web
Pemrograman HTML,http//:www.
ilmukomputer.com
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar:
·
Teknik
·
praktek
soal/tugas.
Menyelesaikan
masalah tentang teknologi aplikasi web
1. Singkatan dari apakah WWW itu?
2. Bagaimana WWW bekerja?
3. Apa perbedaan Web Browser dengan Web
server?
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dengan
checklist lembar pengamatan atau
dalam bentuk lain
Aspek yang di
nilai:
a. Kecepatan (15%)
b. Kerapian (15 %)
c. Teknik (30%)
d. Tampilan (30%)
Fakfak,
….September 2013
KEPALA SEKOLAH Guru Produktif
SUMARWAN,
S.Pd. TEGUH
HARIADI, S.Pd.
NIP.
19680814199501 001 NIP.
197609222OO9O91001
Ada yang perlu dicermati dalam Kurikulum 2013 yaitu Silabus dan Buku disediakan oleh pemerintah - akibatnya kemampuan guru untuk menyusun Silabus sendiri (Silabus berbasis kearifan lokal dan keunggulan lokal) menjadi hilang dan kemampuan untuk menyusun buku (diktat) sendiri menjadi sirna - guru tidak lebih adalah "tukang transfer ilmu" - saya kuatir kemampuan guru dalam mendidik juga hilang, guru menjadi sekedar "tukang mengajar" ..... mari kita belajar Ilmu Kurikulum yang sejati : dapat dibaca dalam buku DISAIN KURIKULUM DIGITAL yang dapat dilihat di PT terdekat atau Perpus Umum terdekat
ReplyDeletePak bolehkah saya minta file RPP Pemrograman web yang lengkapnya..? terimakasih sebelumnya
ReplyDeletejika ingin melihat lengkap materinya harus pergi kewebsite apa?tolong kirimi link nya.
ReplyDeletemas bisa minta tlng gak minta RPP TKJ kelas XI kurikulum 2013, thnks. salam kenal mas.
ReplyDeletematur nuwun sharenya ya pak, salam kenal
ReplyDeletebisa k saya mta rpp nya sampai pertemuan terakhir?
ReplyDeleteterima kasih, sangat membantu ...bisa share RPP ini mulai pertemuan awal sampai terakhir ? kami sangat membutuhkan . terima kasih. salam kenal
ReplyDeleteuntuk kelas 3 k13 ko belum da
ReplyDeletebias berbagi rpp tkj kelas 11
ReplyDelete