Tuesday, April 21, 2015

Contoh Analisis Buku Kurikulum 2013



Analisis Buku Mata Pelajaran 

Judul buku         

:

ADMINISTRASI SERVER
Kelas    
:
XI
Jenjang
:
SMK
Nama Guru
:
TEGUH HARIADI, S.Pd
Nama Sekolah
:
SMK YAPIS FAKFAK

 






NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
Tidak Sesuai
Sesuai sebagian
Sesuai
1.
Kesesuaian dengan SKL


Saya sebagai Guru TKJ SMK YAPIS FAKFAK belum mempunyai parameter yang tepat untuk menganalisa kesesuaian bahan ajar dengan SKL. Tindak lanjut, Saya akan selalu mencari informasi seluas-luasnya agar memperoleh parameter yang kesesuaian bahan ajar dengan SKL
2.
Kesesuaian dengan KI


Materi pelajaran Administrasi Server sesuai dengan KI, tindak lanjut: akan dikaji lebih lanjut agar tidak menyimpang dengan KI
3.
Kesesuaian dengan KD


Materi pelajaran Administrasi server sudah sesuai KD, akan tetapi guru belum melaksanakan secara utuh, karena kurangnya informasi yang dimiliki guru. Tindak lanjut: guru selalu mencari informasi  dengan melakukan diskusi dengan teman sejawat atau dengan orang yang lebih berkompeten.
4.
Kecukupan materi
-       Ditinjau dari cakupan  konsep/materi 
-       Ditinjau dari alokasi waktu








   
Ditinjau dari cakupan materi, untuk materi pembelajaran yang pernah ada pada kurikulum sebelumnya, materi buku ini masih kurang lengkap karena keterangan untuk praktek masih kurang, Tindak lanjut yang dilakukan oleh guru yaitu dengan cara mencari refrensi dari buku atau sumber lain yang srikulum lama bisa di jadikan referensi.

5.
Kedalaman materi
-       Ditinjau dari pola karakteristik keilmuan


 
-       Ditinjau dari karakteristik siswa







 



   
Ditinjau dari pola keilmuan, materi pelajaran sudah sesuai sebagian. Tindak lanjut: dapat dilaksanakan dengan cara mencari referensi dari kurikulum sebelumnya.

Ditinjau dari karekteristik siswa,  sebagian kurang sesuai, karena selama di SD dan SMP siswa terbiasa dengan buku kurikulum sebelumnya, sehingga membutuhkan penyesuaian yang relatif lama. Pada pembelajaran ditingkat satuan pendidikan sebelumnya, siswa lebih banyak pasif terlebih di daerah papua, akan tetapi pada saat sekarang siswa dituntut untuk aktif dalam menggali informasi. Tidak lanjut: guru akan berusaha untuk mempelajari karakteristik siswa agar mampu mencerna materi pada buku kurikulum 2013.
6.
Penerapan pendekatan Scientific


Guru belum terbiasa dengan pola pendekatan yang ada pada buku, karena terbiasa dengan buku pada kurikulum sebelumnya. Tindak lanjut: guru akan selalu menelaah buku sebelum melakukan proses pembelajaran, sehingga pendekatan Scientific dapat diterapkan.
7.
Penilaian autentik  yang tersedia dalam buku siswa


Penilaian autentik sudah sesuai, akan tetapi belum mampu untuk diterapkan secara maksimal, karena proses penilaian yang terkesan berlapis-lapis. Tindak lanjutnya adalah guru terus berusaha beradaptasi dengan pola yang baru.

No comments:

Post a Comment

About