Tuesday, December 17, 2013

Perencanaan pembelajaran


Tahap  pertama  dalam  pembelajaran  menurut  standar  proses  yaitu perencanaan    pembelajaran    yang    diwujudkan    dengan    kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

1.   Hakikat RPP
Rencana  pelaksanaan  pembelajaran  adalah  rencana  pembelajaran yang  dikembangkan  secara  rinci  dari  suatu  materi  pokok  atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup: (1) data  sekolah,  matapelajaran,  dan  kelas/semester;  (2)  materi  pokok;  (3) alokasi   waktu;   (4)   tujuan   pembelajaran,   KD   dan   indikator pencapaian    kompetensi;    (5)    materi    pembelajaran;    metode pembelajaran;  (6)  media,  alat  dan  sumber  belajar;  (6)  langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) penilaian. Setiap  guru  di  setiap  satuan  pendidikan  berkewajiban  menyusun RPP  untuk  kelas  di  mana  guru  tersebut  mengajar  (guru  kelas)  di SD  dan  untuk  guru  matapelajaran  yang  diampunya  untuk  guru SMP/MTs,  SMA/MA,  dan  SMK/MAK.  Pengembangan  RPP  dapat dilakukan  pada  setiap  awal  semester  atau  awal  tahun  pelajaran, dengan  maksud  agar  RPP  telah  tersedia  terlebih  dahulu  dalam setiap  awal  pelaksanaan  pembelajaran.  Pengembangan  RPP  dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.
Pengembangan  RPP   yang  dilakukan   oleh   guru   secara  mandiri dan/atau  secara  bersama-sama  melalui  musyawarah  guru  MATA pelajaran  (MGMP)  di  dalam  suatu  sekolah  tertentu  difasilitasi  dan disupervisi  kepala  sekolah  atau  guru  senior  yang  ditunjuk  oleh kepala sekolah.
Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui  MGMP  antarsekolah  atau  antarwilayah  dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

2.   Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP
Berbagai   prinsip   dalam   mengembangkan   atau   menyusun   RPP adalah sebagai berikut.
  • RPP  disusun  guru  sebagai  terjemahan  dari  ide  kurikulum  dan berdasarkan   silabus   yang   telah   dikembangkan   di   tingkat nasional   ke   dalam   bentuk   rancangan   proses   pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  •        RPP   dikembangkan   guru   dengan   menyesuaikan   apa   yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan  baik  kemampuan  awal  peserta  didik,  minat,  motivasi  belajar, bakat,   potensi,   kemampuan   sosial,   emosi,   gaya   belajar, kebutuhan  khusus,  kecepatan  belajar,  latar  belakang  budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  •           Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  •        Sesuai  dengan  tujuan  Kurikulum  2013  untuk  menghasilkan peserta  didik  sebagai  manusia  yang  mandiri  dan  tak  berhenti belajar,  proses   pembelajaran   dalam   RPP   dirancang  dengan berpusat  pada  peserta  didik  untuk  mengembangkan  motivasi, minat,    rasa    ingin    tahu,    kreativitas,    inisiatif,    inspirasi, kemandirian,   semangat   belajar,   keterampilan   belajar   dan kebiasaan belajar.
  •       Mengembangkan budaya membaca dan menulis, Proses     pembelajaran      dalam      RPP dirancang     untuk mengembangkan  kegemaran  membaca,  pemahaman  beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  •          Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  •       PP   memuat   rancangan   program   pemberian   umpan   balik  positif,    penguatan,    pengayaan,    dan    remedi.    Pemberian pembelajaran   remedi   dilakukan   setiap   saat   setelah   suatu ulangan   atau   ujian    dilakukan,    hasilnya    dianalisis,   dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran   diberikan   sesuai   dengan   kelemahan   peserta didik.
  •      Keterkaitan dan keterpaduan. RPP    disusun    dengan    memperhatikan    keterkaitan    dan keterpaduan antara  KI  dan  KD,  materi pembelajaran,  kegiatan pembelajaran,   penilaian,   dan   sumber   belajar   dalam   satu keutuhan     pengalaman     belajar.     RPP     disusun     dengan mengakomodasikan  pembelajaran  tematik,  keterpaduan  lintas matapelajaran  untuk  sikap  dan  keterampilan,  dan  keragaman  budaya.
  •          Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  •         RPP  disusun  dengan  mempertimbangkan  penerapan  teknologi informasi  dan  komunikasi  secara  terintegrasi,  sistematis,  dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sekilas info bagi guru guru yang mau artikel Teknik komputer dan jaringan bisa dilihat di www.infoanaktkj.blogspot,com


No comments:

Post a Comment

About