Kurikulum 2013 mengembangkan
dua modus proses
pembelajaran yaitu proses pembelajaran
langsung dan proses
pembelajaran tidak langsung.
Proses pembelajaran langsung
adalah proses pendidikan di mana
peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan
keterampilan psikomotorik melalui
interaksi langsung dengan sumber
belajar yang dirancang dalam silabus dan
RPP berupa kegiatan-kegiatan
pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta
didik melakukan kegiatan
belajar mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi atau
menganalisis, dan
mengkomunikasikan apa yang
sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis.
Proses pembelajaran langsung
menghasilkan pengetahuan dan keterampilan
langsung atau yang
disebut dengan instructional
effect.
Pembelajaran tidak langsung
adalah proses pendidikan
yang terjadi selama proses
pembelajaran langsung tetapi
tidak dirancang dalam kegiatan khusus.
Pembelajaran tidak langsung
berkenaan dengan pengembangan
nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang
nilai dan sikap
yang dilakukan dalam
proses pembelajaran langsung oleh
mata pelajaran tertentu,
pengembangan sikap sebagai
proses pengembangan moral dan
perilaku dilakukan oleh
seluruh mata pelajaran dan dalam
setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat. Oleh
karena itu, dalam
proses pembelajaran Kurikulum 2013, semua
kegiatan yang terjadi
selama belajar di
sekolah dan di luar
dalam kegiatan kokurikuler
dan ekstrakurikuler terjadi
proses pembelajaran untuk mengembangkan moral dan perilaku yang terkait dengan sikap.
Baik pembelajaran langsung
maupun pembelajaran tidak
langsung terjadi secara terintegrasi
dan tidak terpisah.
Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang
menyangkut KD yang dikembangkan dari
KI-3 dan KI-4.
Keduanya, dikembangkan secara
bersamaan dalam suatu
proses pembelajaran dan
menjadi wahana untuk mengembangkan
KD pada KI-1
dan KI-2. Pembelajaran
tidak langsung berkenaan dengan
pembelajaran yang menyangkut KD
yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2. Proses pembelajaran terdiri atas lima
pengalaman belajar pokok yaitu:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi;
d. mengasosiasi; dan
e. mengkomunikasikan.
No comments:
Post a Comment