Thursday, December 12, 2013

Pembelajaran Langsung dan Tidak Langsung




Kurikulum  2013  mengembangkan  dua  modus  proses  pembelajaran yaitu  proses  pembelajaran  langsung  dan  proses  pembelajaran  tidak  langsung.  Proses  pembelajaran  langsung  adalah proses  pendidikan  di mana   peserta   didik   mengembangkan   pengetahuan,   kemampuan berpikir  dan  keterampilan  psikomotorik  melalui  interaksi  langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan  RPP berupa kegiatan-kegiatan    pembelajaran.    Dalam    pembelajaran    langsung tersebut   peserta   didik   melakukan   kegiatan   belajar   mengamati, menanya,  mengumpulkan  informasi, mengasosiasi  atau menganalisis, dan   mengkomunikasikan   apa   yang   sudah   ditemukannya   dalam kegiatan    analisis.    Proses    pembelajaran    langsung    menghasilkan pengetahuan  dan  keterampilan  langsung  atau  yang  disebut  dengan instructional effect.
Pembelajaran  tidak  langsung  adalah  proses  pendidikan  yang  terjadi selama  proses  pembelajaran  langsung  tetapi  tidak  dirancang  dalam  kegiatan  khusus.   Pembelajaran  tidak  langsung   berkenaan  dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang
nilai  dan  sikap  yang  dilakukan  dalam  proses  pembelajaran  langsung oleh  mata  pelajaran  tertentu,  pengembangan  sikap  sebagai  proses pengembangan   moral   dan   perilaku   dilakukan   oleh   seluruh   mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat.  Oleh  karena  itu,  dalam  proses  pembelajaran  Kurikulum 2013,  semua  kegiatan  yang  terjadi  selama  belajar  di  sekolah  dan  di luar  dalam  kegiatan  kokurikuler  dan  ekstrakurikuler  terjadi  proses pembelajaran untuk mengembangkan moral dan perilaku yang  terkait dengan sikap.
Baik  pembelajaran  langsung  maupun  pembelajaran  tidak  langsung terjadi  secara  terintegrasi  dan  tidak  terpisah.  Pembelajaran  langsung berkenaan    dengan    pembelajaran    yang    menyangkut    KD    yang dikembangkan  dari  KI-3  dan  KI-4.  Keduanya,  dikembangkan  secara
bersamaan  dalam  suatu  proses  pembelajaran  dan  menjadi  wahana untuk  mengembangkan  KD  pada  KI-1  dan  KI-2.  Pembelajaran  tidak langsung  berkenaan  dengan  pembelajaran yang menyangkut  KD yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2. Proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
a.   mengamati;
b.   menanya;
c.   mengumpulkan informasi;
d.   mengasosiasi; dan
e.   mengkomunikasikan.

No comments:

Post a Comment

About