Saturday, October 12, 2013

Sosialisasi Kurikulum 2013

Silabus dan RPP Guru Indonesia kali akan membahas untuk semua guru-guru, terutama Guru SMK YAPIS FAKFAK. “Kurikulum 2013 mau tidak mau, suka tidak suka harus dilaksanakan”, demikian kata-kata yang terucap oleh intruktur Pengenalan dan sosialisasi kurikulum 2013 atau K-13 yang dilaksanakan di SMK YAPIS Fakfak beberapa minggu yang lalu.

Pengenalan dan sosialisasi kurikulum 2013 di SMK YAPIS FAKFAK

Informasi Kurikulum 2013 dari kementrian ini sebenarnya banyak yang pro dan kontra di kalangan Anggota dewan. Karena sepertinya “dipaksakan” walaupun belum semua mata pelajaran siap, terutama bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang hanya tiga mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Sejarah dan Matematika. Bagaimana dengan mata pelajaran yang lain, terutama mata pelajaran produktif atau peminatan, masih menggantung, alias merana dan meraba-raba, akhirnya yang jadi korban pertama adalah guru, karena guru tidak tahu apa yang harus diberikan ke siswa karena silabus saja belum ada apalagi materi yang akan diberikan kepada siswa, akhirnya banyak guru memberikan sembarang materi diberikan dengan mengacu ke KTSP. Bagi mereka yang sudah ikut pendidikan dan Pelatihan bisa tertawa dan merasa merdeka, tetapi bagi mereka yang belum mendapat kesempatan Pendidikan dan Pelatihan harus gigit jari, setengah mati browsing sana-sini, tiap hari harus Tanya “MBAH GOOGLE”, “Nona YAHOO” tetapi tetap saja sampai sekarang hasilnya Noooooooooooooollllllllllll…… Perangkat Pembelajaran seperti Silabus, RPP, Program Tahunan, Program Semester, KKM, dan sebagainya akan setengah mati dibuat karena belum ada dasar yang paten.
Saya berharap pemerintah harus cepat dan tanggap dalam menangani masalah ini, supaya penyelesaiannya tidak berlarut-larut dan guru tidak terlalu lama menunggu. Untuk guru guru TKJ harap bersabar sambil menunggu sosialisasi tahap selanjutnya supaya semua berjalan dengan lancar

1 comment:

  1. yang ditakutkan adalah pergantian kurikulum hanya sekedar proyek pesta pora penguasa . . .
    tetapi semoga saja kurikulum 2013 ini benar-benar kurikulum untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya.
    kunjungi juga blog saya di http://muhagrisangawi.blogspot.com/ dan minta saran dan kritik. matursuwun

    ReplyDelete

About